Saturday 26 March 2011

tembakau oh tembakau

terinspirasi ketika onlen di pesbuk ni critanya, hari ini sedang rajin, dari pagi ngerjain laporan PKL (bukan apa2 seh, tapi sudah mendekati  garis mati alias deadline):p
dari pagi ngutak ngatik yang namanya tembakau, ya wajarlah namanya juga PKL nya bikin atsiri daun tembakau, haha..

eh tiba2 pas siang sekitar jam 2an gitu onlen fesbuk ni critanya, upz tiba2 ada status dari cewenya temen SMAku (kaga perlu disebutin namanya), gini bunyinya ::

 “kenapa harus ada yang namanya ROKOK di dunia ini???”

kaga tau tiba2 mendadak jadi sensitip banget sama ni setatus..
ta’komenin aje gini::

“tanyain sama yang bikin tembakau, jangan di fb tanyanya.. mo ngrokok ato ga ngrokok waktunya meninggal ya meninggal aja, tolong jangan alay deh buu, pernah mikir ga kalo di dunia ini ga boleh ada rokok, di indonesia aja wez, gimana nasib para buruh pabrik rokok yang nggantungin idupnya dari rokok, rokok ga sepenuhnya dilarang aje banyak yang nganggur..”

yupp, rada galak yoo komennya?? smoga ga tersinggung, tapi suer kewer2 berasa sangat alay setatus itu, loh gimana ga alay coba, naif banget kalo sampe harus menafikkan yang namanya rokok (ga berarti aku pro rokok) sungguh sangat tidak, tapi dari jurnal yang ta’baca tadi siang (kan ngerjain laporan pkl) itu dikatakan bahwa yang namanya rokok memang salah satu komoditas  yang ga terelakkan di indonesia, kalo cuman dijual mentahan dalam bentuk daun mah sampe lebaran monyet juga indonesia kaga maju2 cuy, hahaha..
dari statementku di atas pasti bakal menuai banyak pertanyaan yang laen, gini misalnya..

“kalo ga mau dijual ato diekspor dalam bentuk mentahan kan ga musti dalam bentuk rokok to pengolahannya?”

 atau::

“dimanfaatin yang laen kan bisa to?”

okeoke, saran diterima, begini sodara2, kalo misalnya ada pengolahan tembakau yang bernilai ekonomi yang lebih tinggi daripada rokok aku mau jadi pengolahnya, sumpah..
ga muna bakal ada yang berkilah gini::

 “halaaah, kan belum dicoba pengolahan yang laen selain rokok”

eiiiits, jangan sembarangan ngejudge kawan, tadi di awal udah ta’singgung sedikit kan, hari ini aku lagi  rajin ngerjain laporan PKL, nah PKL ku ini ga laen n ga bukan adalah tentang pemanfaatan minyak atsiri dari taneman tembakau buat dijadiin senyawa penarik hama, dan hasilnya nooooooooooool besar (aku ae sampe mumet nyari literatur yang ngebahas tentang atsiri daun tembakau), bukankah pembuatan atsiri dari tembakau adalah sebentuk usahaku untuk mengolah tembakau agar tembakau ga melulu diidentikkan dengan rokok??

kenapa noooool besar?? ya, sebenernya banyak harapan besar yang kugantungkan dari atsiri tembakauku itu, tapi apa mau dikata, takdir berkehendak laen, jadi sebenernya tujuan PKLku ini sangat mulia lhoo, pengennya membantu petani2 biar tanemannya itu ga keserang sama hama coz hamanya lebih tertarik dengan aroma minyak atsiriku, gitu maksudku,, tapi nyatanya apaaa?? gagal total, boro2 hamanya taneman petani yang nyangkut, yang ada malah lalet n sekawanan nyamuk yang ngendon disono, kampret banget ga tuuh.. (arrrgggghh, masa iya dari satu kilogram daun tembakau KERING bukan BASAH minyak atsiri yang dihasilkan cuman 0.6 gram minyak, dah gitu prosesnya lamaaaaaaaaa banget) rugi bahan, rugi waktu, rugi LPG, rugi air, parahnya hamanya ga ketangkep..
ngintip dari sedikit curhatanku atas laporan PKLku yang geje tadi kan kalo orang cerdas pasti mikir:: 

“ooo, iya ya.. gimana yo caranya ngolah tu daun tembakau?”

ato bisa juga mikir  gini::

“bener juga yaaa, kayanya tembaku emang ditakdirkan buat jadi rokok”

tuh kan, apa ane bilang.. pan diatas aku juga sempet ngetik::
“kalo misalnya ada pengolahan tembakau yang bernilai ekonomi yang lebih tinggi daripada rokok aku mau jadi pengolahnya, sumpah..”

kalo kaya gini kan mau ga mau orang juga bakal balik lagi ke rokok juga kan ujung2nya, makanya terlalu munafik menurutku orang2 yang SAY NO TO ROKOK, lholholho aku bukan perokok sodara2 tapi apa yaaa?? bener2 terlalu alay deh yaaa, ya gimana yooo? egois banget gitu kan yaa sampe segitunya sama yang namanya rokok,,

lho, gimana ga egois coba? monggo dipikir jama’ah sodara2, banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari rokok lhoo, mulai dari petani tembakau, tukang angkutnya, pengepulnya, sampe yang jualan rokok ngecer, apa kita masih mau pura2 buta dengan kenyataan bahwa indonesia itu negara yang kaya tapi belum bisa mengentaskan bangsanya sendiri dari kemiskinan?? ironi sungguh sangat..

nb:: saya sedang mengenyam pendidikan dengan memperdalam kimia n masih dangkal pengetahuan saya tentang pengolahan tembakau, tapi yang pernah saya coba adalah pengolah tembakau menjadi minyak atsiri tembakau, kalo ada yang pernah mencoba atau punya ide monggo silakan dibagi di sini, barangkali kita bisa join usaha bareng (sekalian buat jadi bahan ngerjain matakuliah kewirausahaan :p)

harap maklum semester 6 kaga ada matakuliah yang kaga ada tugasnya, semuamua muamuanya tugaaas,,

No comments:

Post a Comment

tulung kalo komen jangan pake anonim ya, tenks..