Monday 2 April 2012

skripsi itu............

ketika saya skripsi, saya akui saya sangat banyak belajar, apapun, iya, tidak melulu materi tentang skripsi saya. saya belajar bagaimana membaca, menulis, mendengar, mengamati, mengungkapkan sesuatu, merasakan, dan lain-lain, dan semuanya harus saya lakukan dengan baik. maka tak heran kalau setelah skripsi ada prestice yang sangat istimewa, menurut saya, yaitu lulus, walaupun akhirnya mungkin bingung, karena berganti status menjadi pengangguran.. :p

semua yang saya pelajari selama skripsi mungkin sudah saya pelajari setiap harinya, tapi yang membuat beda adalah apa-apa yang saya baca tidak melulu jurnal atau buku-buku tebal, yang saya tulis, dengar, amati, ungkapkan, dan rasakan juga tidak selalu tentang skripsi saya, tetapi keadaan. keadaan yang mengharuskan saya (dan semua orang yang menempuh skripsi) untuk begini dan untuk begitu, menyikapi semua masalah dengan jujur, sabar, dan tegar. karena saya orang MIPA (kimia, khususnya) dan tidak tau untuk urusan fakultas pun jurusan lain, bahwasanya skripsi itu perjuangan, benar-benar perjuangan, tetapi akan indah pada waktunya, Man Jadda wa Jada..

sekali lagi saya membuat postingan random, karena sekali lagi saya sangat merasa ingin menulis tetapi tidak tau apa yang sedang ingin saya tulis. kalo boleh minjem kata-kata punya syahrini "sesuatu" ya, skripsi itu sesuatu,,

pada akhirnya selama perjalanan skripsi saya, yang awalnya saya tidak tau, saya belajar untuk memberi jeda pada hati dan otak saya bahwa saya tidak harus tau semuanya, terlepas dari materi, IPK, persahabatan, dan lain-lain, ada kalanya saya harus tau, ga mau tau, dan cukup tau, apapun itu..

------------------

No comments:

Post a Comment

tulung kalo komen jangan pake anonim ya, tenks..