Sunday 20 October 2013

wara-wirinya calon manten (1)

mumpung lagi pada musim sebar undangan nikah, yuk mari kita ngoceh² seputar nikahan.. :)

setau saya, inti dari sahnya nikah itu kan ijab dan kabulnya toh? so, segala tetek bengek yang gak berhubungan dengan ijab-kabul agak di-nomer-dua-kan saja. misal acara siraman, resepsi, dan lain² dan lain²..

jadi begini, kalau mau menikah langsung aja gowess ke KUA, tanya syarat yang dibutuhin apa aja buat ndaftarin rencana pernikahan kita ke petugasnya. syaratnya lumayan agak rempong juga. seinget saya dulu itu kopian KTP, foto berwarna, kopian ijazah terakhir, kopian kartu keluaga, surat ini surat itu yang blankonya udah ada di sana tinggal kita isi, kalo buat cewek ada tambahan pake surat keterangan imunisasi TT. nah kalo kita nikahnya ga di tempat yang sesuai dengan alamat KTP kita, kita musti bikin yang namanya surat numpang nikah, ini bikinnya di RT apa kelurahan gitu ya, lupa saya..

ini pengalaman saya soal surat keterangan imunisasi itu, waktu itu saya suntik TT ke puskesmas, di poli kandungan, bilang aja buat syarat berkas daftar nikah, petugasnya pasti ngerti, nah habis itu nanti kita di kasih kertas kecil buat di fotokopi n dikumpulin di KUA. saya pikir semua KUA mensyaratkan begitu, ternyata enggak, temen saya ada yang ga pake gitu²an buat syaratnya, hehe..

nah kalo berkas udah beres siap dikumpulin di KUA, jangan lupa bayar broooh, sebenernya biaya administrasinya itu kan cuma Rp. 30.000, tapi waktu itu saya bayar Rp. 500.000 entah untuk apa saja, ah sudahlah..

untuk pengumpulan berkas ini usahakan jangan mepet² sama hari-h ya waktunya, kasian petugas KUAnya, nanti buru² jadi salah, haha..

oiya, semua data baik di KTP, KK, ijazah, dan semua data pendukung isinya harus bener ya, apalagi nama, jangan sampek salah..

nah kalo udah ngumpulin berkas di KUA musti ngapain? nunggu hari-h sambil ongkang²?
nggak gitu jugak kaliik. lanjut di next postingan aja deh ya..

..to be continued..

No comments:

Post a Comment

tulung kalo komen jangan pake anonim ya, tenks..