Monday 21 October 2013

wari-wirinya calon manten (2)

lanjuuut!!

kemaren udah mbahas yang soal pengumpulan berkas² persyaratan ke KUA ya? nah sambil nunggu hari-h yang musti kita lakuin sebagai calon manten adalaaaah jeng jeng jengg..

ini berdasarkan pengalaman saya, murni. waktu itu saya ngumpulin berkasnya ke KUA itu kan h-2minggu, nah pas kira² h-1minggu saya balik lagi ke KUA. ngapain bu? kalo ditempat saya namanya rapa'. ga tau kalo di tempat lain, jadi yang datang buat rapa' itu (harusnya) kedua calon mempelai dan wali nikah dari cewek (iyalah!).

pas rapa' itu ngapain?

sebenernya rapa' ini semacem crosscheck data aja. jadi kita di interview sama petugasnya. petugas KUAnya ini bawa data² n berkas kita habis itu kita ditanyain. pertanyaannya ya seputar diri kita n keluarga, semisal pendidikan terakhir, nama ayah, kita anak keberapa, kaya gitu²..

yang saya tangkep dari acara rapa' ini menurut saya lebih kepada : sebenernya bener gak sih ini data yang dikumpulin? karena mungkin saja ada orang yang masukin datanya gak jujur, saya sih ga nuduh ya, ber-mungkin² aja bolehlah ya, hahaha..

eh tapi tenang aja, ga usah grogi kek mau interview kerja, cara petugasnya nanyain kita asli sangaaaat santai broo, malah kayak tebak²an menurut saya. rapa' ini ga lama kok, sekitar 1 jam juga kelar. setelah ditanyain nanti calon mempelai cowoknya disuruh tanda tangan, habis itu kelar..

eh iya, pas habis ditanyain sebelum tanda tangan itu, ada blanko yang musti diisi juga, nah salah satu isiannya itu adalah mas kawin binti mahar. yes. kita musti nulis mas kawinnya sejelas mungkin, karena ini nanti bakal ditulis di buku nikah..

oke, sekian dulu episode 2-nya, next post saya bakal bahas soal mas kawin broooh..

to be continued..

No comments:

Post a Comment

tulung kalo komen jangan pake anonim ya, tenks..