Saturday 14 January 2012

akun social network dihack orang? (lanjutan)

seperti yang udah pernah saya tulis dipostingan sebelumnya, kalo belom baca klik ini!

sebelumnya kita samakan dulu persepsi kita, bahwa orang yang kena hack itu adalah orang yang onlinenya di rumah (bukan di warnet, di laptop or PC orang laen), oke lanjuuuuuuuut..

sebenernya bener kata bang napi, kejahatan tidak muncul karena ada niat pelakunya (saja) tapi juga karena ada kesempatan, waspadalah!

kenapa kata bang napi bener?
iyalah, coba dipikir, sebagai empunya akun kita sepatutnya lah ya merawat itu aku sebaik mungkin, duhkah mbulet, intinya gini aje dah, ada banyak sebab kenapa akun kita bisa sampe dibobol orang, utamanya akun fb nih ya,,

salah juga sebenernya kalo kita nyudutin si pelaku, loh gimana enggak, balik lagi ngerujuk yang dibilang bang napi, bukan cuman karena ada niat dari pelakunya tapi juga karena kesempatan titik. kesempatan itu misalnya:

1. ada beberapa orang yang sembarangan nge- atau di-add oleh orang2 yang dia sendiri ga kenal..
FYI saya paling males ngeadd atau meng-confirm orang ya sekiranya saya ga kenal2 banget, kadang yang banyak mutual friendnya aja saya cuekin, weh jahat banget yak, bukan apa2 sih, daripada tar malah ta'remove kan ya?

2. kebanyakan orang ga memperhatikan security akun (fb)nya.
misal nih ya, alamat imel dibiarin nampang begitu aja, sebenernya menurut saya, pemajangan alamat email di depan khalayak itu sangat2 ga aman, iya donk, bayangin kalo alamat email anda dibaca orang usil, terus itu orang menjalankan keusilannya buka2 forgot password email anda, dan nemu, gimana hayo? 

3. kebanyakan orang, seperti yang pernah saya obrolin dengan meme, menjadikan akun facebook itu sebagai lapak, iya, lapak buat nasis2an, mengumbar kemesraan, dan curhat, (ini hasil RT2an saya sama meme di twitter lho yaaa, ga ada maksud nyindir :p). hubungannya apa lapak facebook sama hack2an? erat sodara2, ketika anda memajang foto(2) dan ngetag ke temen2 anda, yang notabene anda ga kenal2 banget seperti pada point 1 di atas, dan anda tidak memberikan security yang tinggi, bayangkan? lengkap sudah kan ya akun fb anda jadi ajang para pelaku keusilan dunia maya, apalagi kalo anda cakep, cantik, dan rupawan..

so, konklusinya adalah, sebisa mungkin jangan hanya melulu menyalahkan para hacker yang mengambil akun anda, tapi ada baiknya jika kita sama2 introspeksi diri apakah kita sudah cukup menutup celah kesempatan para hacker mengusili kita ataukah belum..



No comments:

Post a Comment

tulung kalo komen jangan pake anonim ya, tenks..